Dibentuk dari dua kata yaitu nir berarti tidak, mana berarti makna, jika digabungkan berarti tidak bermakna atau tidak mempunyai makna. Jika di artikan lebih dalam nirmana berarti lambang-lambang bentuk tidak bermakna, dilihat sebagai kesatuan pola, warna, komposisi, irama, nada dalam desain. Bentuk yang dipelajari biasanya diawali dari bentuk dasar seperti kotak, segitiga, bulat yang sebelumnya tidak bermakna diracik sedemikian rupa menjadi mempunyai makna tertentu.
Nirmana berbicara tentang harmoni, keselarasan soal rasa, dan impresi pada sebuah bentuk. nirmana tidak hanya mencakup 2 dan 3 dimensi saja melainkan menjelajah sebuah ruang yang disebut dengan ruang maya.
Ruang maya adalah ruang semu dimana kita bisa berhayal tentang sesuatu yang mebingungkan kita sendiri, dalam artian hayalan tentang sebuah kegilaan bentuk yang sulit kita torehkan dalam media 2 dimensi (sering disebut dengan nirmana dwimatra) atau 3 dimensi (sering disebut dengan nirmana trimatra).
Pegertian Kata
HARMONI : pernyataan rasa, aksi gagasan dan minat; keselarasan; keserasian.
RASA : tanggapan hati terhadap sesuatu (indera), pendapat(pertimbangan) mengenai baik buruk, salah atau benar.
IMPRESI : kesan, efek pada indera, efek atau pengaruh yang dalam terhadap pikiran atau perasaan.
PRINSIP DASAR SENI RUPA / DESAIN UNTUK NIRMANA 3 DIMENSI
1. Kesatuan (Unity)
Prinsip ini sesungguhnya adalah prinsip hubungan. Jika salah satu atau beberapa unsur rupa mempunyai hubungan (warna, raut, arah, dll), maka kesatuan telah tercapai.
2. Keseimbangan (Balance)
Keseimbangan adalah keadaan yang dialami oleh suatu benda jika semua daya yang bekerja saling meniadakan. Dalam bidang seni keseimbangan ini tidak dapat diukur tapi dapat dirasakan, yaitu suatu keadaan dimana semua bagian dalam sebuah karya tidak ada yang saling membebani.
3. Proporsi (Proportion)
Untuk memperoleh keserasian dalam sebuah karya diperlukan perbandingan yang tepat. Pada dasarnya proporsi adalah perbandingan matematis dalam sebuah bidang. Dalam bidang desain proporsi ini dapat kita lihat dalam perbandingan ukuran kertas dan layout halaman.
4. Irama (Rhythm) Irama adalah pengulangan gerak yang teratur dan terus menerus. Dalam bentuk – bentuk alam bisa kita ambil contoh pengulangan gerak pada ombak laut, barisan semut, gerak dedaunan, dan lain-lain. Prinsip irama sesungguhnya adalah hubungan pengulangan dari bentuk – bentuk unsur rupa.
5. Dominasi (Domination)
Dalam dunia desain, dominasi sering juga disebut Center of Interest, Focal Point dan Eye Catcher. Dominasi mempunyai bebrapa tujuan yaitu untuk menarik perhatian, menghilangkan kebosanan dan untuk memecah keberaturan.
KETENTUAN TUGAS 2
NIRMANA II (3 DIMENSI)
Nirmana 3D Tugas 2 dirancang dari susunan potongan (kepingan) bidang datar dari bahan kertas daluang dengan ketebalan 0.3 cm dengan bentuk dan ukuran tertentu (bentuk bidang geometris / beraturan seperti bujur sangkar, persegi panjang, segi tiga, segi lima, segi enam, lingkaran dll, atau bentuk bidang non geometris / tidak beraturan) yang di racik / diolah / dikomposisikan sedemikian rupa dengan memperhatikan prinsip dasar seni rupa / desain sehingga menghasilkan karya Nirmana 3 dimensi yang memiliki nilai estetika / keindahan dan memberikan makna tertentu bagi siapa saja yang melihatnya .
REFERENSI NIRMANA 3D
http://flymetothemon.blogspot.com
A. ALAT :
• Pensi
• Penghapus
• Penggaris plastik ,
penggaris logam
• Pisau cutter, gunting
• dll.
B. BAHAN :
• Kertas Daluang
• Lem fox putih / double
tip
C.UKURAN
• Ukuran Penampang Dasar
/ Alas 35 cm X 35cm
• Margin / Garis tepi
keliling 2,5 cm.
• Ukuran pola potongan (kepingan) kertas daluang bebas (sesuaika dengan ide & konsep)
D. TEKNIK
• Gambar pola bentuk potongan (kepingan)
• Potong /
Gunting
• Susun, racik, olah (komposisikan)
• Tempel
E. TAHAPAN / PROSES
BERKARYA
• Sketsa desain nirmana
3D diatas kertas HVS.
• Membuat penampang
dasar / alas dengan ukuran 35 cm x 35 cm
• Membuat kotak
identitas.
• Menggambar / merancang
pola bentuk potongan (kepingan)
• Memotong /
menggunting pola bentuk potongan (kepingan)
• Menyusun, meracik, mengolah (mengkomposisikan) potongan (kepingan) kertas daluang
• Menempel pola nirmana
3D.
• Finishing, merapihkan
karya.
Selamat Berkarya & Tetap Cumunguuudh Uaa!!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terimakasih atas komentar yang anda berikan