MEMAHAMI WARNA UNTUK DESAIN
A.
MENGENAL ISTILAH WARNA
Dalam kehidupan
sehari-hari kita dapat menemukan berbagai warna yang sangat beraneka ragam. Secara biologis, mata kita dapat mengangkap
warna dikarenakan spektrum cahaya yang di pantulkan benda-benda disekeliling
kita ke indra penglihatan kita yaitu mata lalu diproses oleh otak kita menjadi
warna-warna tertentu sumber cahaya bisa dari matahari atau sumber cahaya
buatan.
Warna dapat
didefinisikan secara obyektif / fisik sebagai sifat
cahaya yang dipancarkan, atau secara subyektif / psikologis merupakan
bagian dari pengalaman indera pengelihatan. Secara obyektif atau fisik, warna dapat diberikan oleh
panjang gelombang. Dilihat dari panjang gelombang, cahaya yang tampak oleh mata
merupakan salah satu bentuk pancaran energi yang merupakan bagian yang sempit
dari gelombang elektromagnetik.
Cahaya
yang dapat ditangkap indera manusia mempunyai panjang gelombang 380 sampai 780
nanometer.
Cahaya antara dua jarak nanometer
tersebut dapat diurai melalui prisma kaca menjadi warna-warna pelangi yang
disebut spectrum atau warna cahaya, mulai berkas cahaya warna Merah,
Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila dan Ungu (MeJiKuHiBiNiU). Di luar cahaya ungu
/ violet
terdapat gelombang-gelombang ultraviolet, sinar X, sinar gamma, dan sinar
cosmic. Di luar cahaya merah terdapat gelombang / sinar inframerah, gelombang
Hertz, gelombang Radio pendek, dan gelombang radio panjang, yang banyak
digunakan untuk pemancaran radio dan TV.
Proses terlihatnya
warna adalah dikarenakan adanya
cahaya yang menimpa suatu benda, dan benda tersebut memantulkan cahaya ke mata
(retina) kita hingga terlihatlah warna. Benda berwarna merah karena
sifat pigmen benda tersebut memantulkan warna merah dan menyerap warna lainnya.
Benda berwarna hitam karena sifat pigmen benda tersebut menyerap semua warna
pelangi. Sebaliknya suatu benda berwarna putih karena sifat pigmen benda
tersebut memantulkan semua warna pelangi. Sebagai
bagian dari elemen tata rupa, warna memegang peran sebagai sarana untuk lebih
mempertegas dan memperkuat kesan atau tujuan dari sebuah karya desain.
Dalam perencanaan corporate identity, warna mempunyai fungsi untuk memperkuat
aspek identitas.
Lebih
lanjut dikatakan oleh Henry Dreyfuss, bahwa warna digunakan dalam simbol-simbol
grafis untuk mempertegas maksud dari simbol-simbol tersebut. Sebagai contoh
adalah penggunaan warna merah pada segitiga pengaman, warna-warna yang digunakan
untuk traffic light merah untuk berhenti, kuning untuk bersiap-siap dan hijau
untuk jalan. Dari contoh tersebut ternyata pengaruh warna mampu memberikan
impresi yang cepat dan kuat. Kemampuan
warna menciptakan impresi, mampu menimbulkan efek-efek tertentu.
Secara
psikologis diuraikan oleh J. Linschoten dan Drs. Mansyur tentang warna sbb:
Warna-warna itu bukanlah suatu gejala yang hanya dapat diamati saja, warna itu
mempengaruhi kelakuan, memegang peranan penting dalam penilaian estetis dan
turut menentukan suka tidaknya kita akan bermacam-macam benda. Dari pemahaman
diatas dapat dijelaskan bahwa warna, selain hanya dapat dilihat dengan mata
ternyata mampu mempengaruhi perilaku seseorang, mempengaruhi penilaian estetis
dan turut menentukan suka tidaknya seseorang pada suatu benda.
B. PEMBAGIAN WARNA
Menurut teori warna
dari Teori Brewster yang pertama kali
dikemukakan pada tahun 1831. Warna-warna yang ada di alam jika disederhanakan
dapat dikelompokkan menjadi 4 kelompok warna, yaitu Warna Primer, warna Sekunder,
warna Tersier dan warna Netral. dan ini diwujudkan dalam bentuk lingkaran
warna, lingkaran warna brewster mampu menjelaskan teori kontras warna
(komplementer), split komplementer, triad, dan tetrad.
1. WARNA PRIMER
Warna primer merupakan warna dasar yang tidak dicampur dengan warna yang lainnya. Warna lain terbentuk dari kombinasi warna Primer itu sendiri, warna-warna hasil dari 2 warna primer disebut dengan istilah Warna Sekunder dan campuran dari warna primer dengan sekunder disebut warna Tersier.
Warna-warna tersebut jika digolongkan lagi menjadi dua (2) golongan yaitu:
a. Warna Cahaya
Warna primer cahaya terdiri dari 3 warna dasar yaitu Red Green dan Blue (RGB) atau dalam bahasa indonesia Merah, hijau biru. Warna RGB biasa kita temui dari digital visual seperti Televisi atau monitor komputer dll.
b. Warna Cetak.
Warna primer cetak terdiri dari Cyan, Magenta, Yellow dan Black (CMYK) warna-warna ini biasa ditemukan pada industri percetakan atau printing dihasilkan dari kombinasi tinta dan dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari seperti pada buku, billboard, poster dan media cetak lainnya.
2. WARNA SEKUNDER
Warna
Sekunder merupakan hasil pencampuran dari
warna-warna primer dengan perbandingan 1:1.
Kita lihat pencampuran warna berikut :
a.
Kuning +
merah = orange
b.
Kuning
+ biru = hijau
c.
Biru
+ merah = ungu
Warna Sekunder = orange, hijau, ungu
3. WARNA TERSIER
Warna tersier adalah
hasil pencampuran warna primer dengan warna sekunder. Kita lihat pencampuran warna berikut
a.
Kuning +
orange= kuning orange (golden
yellow)
b.
Merah
+ orange= merah orange (burnt
orange)
c.
Kuning +
hijau= kuning hijau (lime green)
d.
Biru +
hijau= biru hijau (turquoise)
e.
Biru +
ungu= biru ungu (indigo)
f.
Merah+
ungu= merah ungu (crimson)
4. WARNA NETRAL
Warna netral adalah
hasil pencampuran dari warna primer, warna sekunder dan warna tersier. Warna netral ini
tidak mengarah ke tiga warna utama tersebut karena pencampuran warna bisa dalam
komposisi yang berbeda.
C. DEFINISI KARAKTER LEWAT WARNA
Warna juga mendefinisikan karakter seseorang secara umum, seperti warna-warna berikut :
1.
Hitam,
sebagai warna yang tertua (gelap) dengan sendirinya menjadi lambang untuk sifat
gulita dan kegelapan (juga dalam hal emosi).
2.
Putih,
sebagai warna yang paling terang, melambangkan cahaya, kesucian.
3.
Abu-abu,
merupakan warna yang paling netral dengan tidak adanya sifat atau kehidupan
spesifik.
4.
Merah,
bersifat menaklukkan, ekspansif (meluas), dominan (berkuasa), aktif dan vital
(hidup), panas membara, peringatan, penyerangan, cinta.
5.
Kuning,
dengan sinarnya yang bersifat kurang dalam, merupakan wakil dari hal-hal atau
benda yang bersifat cahaya, momentum dan mengesankan kebahagiaan, keceriaan dan
hati-hati.
6.
Biru, sebagai warna yang
menimbulkan kesan dalamnya sesuatu (dediepte), sifat yang tak terhingga dan
transenden, disamping itu memiliki sifat tantangan.
7.
Hijau, mempunyai sifat keseimbangan
dan selaras, membangkitkan ketenangan dan tempat mengumpulkan daya-daya baru,
identik dengan pertumbuhan dalam lingkungan,pasukan perdamaian,kepuasan.
8.
Pink,
warna yang identik dengan wanita, menarik/cantik, gulali.
9.
Orange, warna yang identik dengan
musim gugur, penuh kehangatan, halloween.
10.
Coklat, warna yang mengesankan
hangat, identik dengan musim gugur, kotor, bumi.
11.
Ungu,
warna yang identik dengan kesetiaan, kepuasan, Barney (tokoh boneka berwarna
ungu) .
Dari sekian banyak
warna, dapat dibagi dalam beberapa bagian yang sering dinamakan dengan sistem warna Prang System yang ditemukan oleh Louis
Prang pada 1876 atau disebut juga sebagai atribut warna meliputi :
1.
Hue, adalah istilah yang digunakan
untuk menunjukkan nama dari suatu warna, seperti merah, biru, hijau dsb.
2.
Value, adalah dimensi kedua atau
mengenai terang gelapnya warna. Contohnya adalah tingkatan warna dari putih
hingga hitam.
3.
Saturation/Intensity, seringkali disebut dengan chroma, adalah dimensi
yang berhubungan dengan cerah atau suramnya warna.
Selain Prang System terdapat beberapa sistem warna lain
yakni, CMYK atau Process Color System, Munsell Color System, Ostwald Color
System, Schopenhauer/Goethe Weighted Color System, Substractive Color System
serta Additive Color/RGB Color System. Diantara
bermacam sistem warna diatas, kini yang banyak dipergunakan dalam industri
media visual cetak adalah CMYK atau Process Color System yang membagi warna
dasarnya menjadi Cyan, Magenta, Yellow dan Black. Sedangkan RGB Color System dipergunakan dalam
industri media visual elektronika.
D. SIMBOL WARNA
1. Merah
melambangkan kesan energi, kekuatan, hasrat, erotisme, keberanian, simbol dari
api, pencapaian tujuan, darah, resiko, ketenaran, cinta, perjuangan, perhatian,
perang, bahaya, kecepatan, panas, kekerasan. Warna ini dapat menyampaikan
kecenderungan untuk menampilkan gambar dan teks secara lebih besar dan dekat.
warna merah dapat mengganggu apabila digunakan pada ukuran yang besar. Merah
cocok untuk tema yang menunjukkan keberanian seseorang. energi misal mobil,
kendaraan bermotor, olahraga dan permainan
2. Putih
Menunjukkan kedamaian, Permohonan maaf, pencapaian diri, spiritualitas, kedewaan, keperawanan atau kesucian, kesederhanaan, kesempurnaan, kebersihan, cahaya, takbersalah, keamanan, persatuan. Warna putih sangat bagus untuk menampilkan atau menekankan warna lain serta memberi kesan kesederhanaan dan kebersihan.
Menunjukkan kedamaian, Permohonan maaf, pencapaian diri, spiritualitas, kedewaan, keperawanan atau kesucian, kesederhanaan, kesempurnaan, kebersihan, cahaya, takbersalah, keamanan, persatuan. Warna putih sangat bagus untuk menampilkan atau menekankan warna lain serta memberi kesan kesederhanaan dan kebersihan.
3. Hitam
Melambangkan perlindungan, pengusiran, sesuatu yang negatif, mengikat, kekuatan, formalitas, misteri, kekayaan, ketakutan, kejahatan, ketidak bahagiaan, perasaan yang dalam, kesedihan, kemarahan, sesuatu yang melanggar (underground), modern music, harga diri, anti kemapanan. Sangat tepat untuk menambahkan kesan misteri. latar belakang warna hitam dapat menampilkan perspektif dan kedalaman. Sangat bagus untuk menampilkan karya seni atau fotografi karena membantu penekanan pada warna-warna lain.
Melambangkan perlindungan, pengusiran, sesuatu yang negatif, mengikat, kekuatan, formalitas, misteri, kekayaan, ketakutan, kejahatan, ketidak bahagiaan, perasaan yang dalam, kesedihan, kemarahan, sesuatu yang melanggar (underground), modern music, harga diri, anti kemapanan. Sangat tepat untuk menambahkan kesan misteri. latar belakang warna hitam dapat menampilkan perspektif dan kedalaman. Sangat bagus untuk menampilkan karya seni atau fotografi karena membantu penekanan pada warna-warna lain.
4. Biru
Memberikan kesan Komunikasi, Peruntungan yang baik, kebijakan, perlindungan, inspirasi spiritual, tenang, kelembutan, dinamis, air, laut, kreativitas, cinta, kedamaian, kepercayaan, loyalitas, kepandaian, panutan, kekuatan dari adlam, kesedihan, kestabilan, kepercayaan diri, kesadaran, pesan, ide, berbagi, idealisme, persahabatan dan harmoni, kasih sayang.
Warna ini memberi kesan tenang dan menekankan keinginan. Biru tidak meminta mata untuk memperhatikan. Obyek dan gambar biru pada dasarnya dapat menciptakan perasaan yang dingin dan tenang. Warna Biru juga dapat menampilkan kekuatan teknologi, kebersihan, udara, air dan kedalaman laut. Selain itu, jika digabungkan dengan warna merah dan kuning dapat memberikan kesan kepercayaan dan kesehatan.
Memberikan kesan Komunikasi, Peruntungan yang baik, kebijakan, perlindungan, inspirasi spiritual, tenang, kelembutan, dinamis, air, laut, kreativitas, cinta, kedamaian, kepercayaan, loyalitas, kepandaian, panutan, kekuatan dari adlam, kesedihan, kestabilan, kepercayaan diri, kesadaran, pesan, ide, berbagi, idealisme, persahabatan dan harmoni, kasih sayang.
Warna ini memberi kesan tenang dan menekankan keinginan. Biru tidak meminta mata untuk memperhatikan. Obyek dan gambar biru pada dasarnya dapat menciptakan perasaan yang dingin dan tenang. Warna Biru juga dapat menampilkan kekuatan teknologi, kebersihan, udara, air dan kedalaman laut. Selain itu, jika digabungkan dengan warna merah dan kuning dapat memberikan kesan kepercayaan dan kesehatan.
5. Hijau
Menunjukkan warna bumi, penyembuhan fisik, kelimpahan, keajaiban, tanaman dan pohon, kesuburan, pertumbuhan, muda, kesuksesan materi, pembaharuan, daya tahan, keseimbangan, ketergantungan dan persahabatan. Dapat digunakan untuk relaksasi, menetralisir mata, memenangkan pikiran, merangsang kreatifitas.
Menunjukkan warna bumi, penyembuhan fisik, kelimpahan, keajaiban, tanaman dan pohon, kesuburan, pertumbuhan, muda, kesuksesan materi, pembaharuan, daya tahan, keseimbangan, ketergantungan dan persahabatan. Dapat digunakan untuk relaksasi, menetralisir mata, memenangkan pikiran, merangsang kreatifitas.
6. Kuning
Merujuk pada matahari, ingatan, imajinasi logis, energi sosial, kerjasama, kebahagiaan, kegembiraan, kehangatan, loyalitas, tekanan mental, persepsi, pemahaman, kebijaksanaan, penghianatan, kecemburuan, penipuan, kelemahan, penakut, aksi, idealisme, optimisme, imajinasi, harapan, musim panas, filosofi, ketidak pastian, resah dan curiga. Warna Kuning merangsang aktivitas mental dan menarik perhatian, Sangat efektif digunakan pada blogsite yang menekankan pada perasaan bahagia dan kekanakan.
Merujuk pada matahari, ingatan, imajinasi logis, energi sosial, kerjasama, kebahagiaan, kegembiraan, kehangatan, loyalitas, tekanan mental, persepsi, pemahaman, kebijaksanaan, penghianatan, kecemburuan, penipuan, kelemahan, penakut, aksi, idealisme, optimisme, imajinasi, harapan, musim panas, filosofi, ketidak pastian, resah dan curiga. Warna Kuning merangsang aktivitas mental dan menarik perhatian, Sangat efektif digunakan pada blogsite yang menekankan pada perasaan bahagia dan kekanakan.
7. Merah Muda
Warna Merah Muda menunjukkan simbol kasih sayang
dan cinta, persahabatan, feminin, kepercayaan, niat baik, pengobatan emosi,
damai, perasaan yang halus, perasaan yang manis dan indah.
8. Ungu
Menunjukkan pengaruh, pandangan ketiga, kekuatan spiritual, pengetahuan yang tersembunyi, aspirasi yang tinggi, kebangsawanan, upacara, misteri, pencerahan, telepati, empati, arogan, intuisi, kepercayaan yang dalam, ambisi, magic atau keajaiban, harga diri.
Menunjukkan pengaruh, pandangan ketiga, kekuatan spiritual, pengetahuan yang tersembunyi, aspirasi yang tinggi, kebangsawanan, upacara, misteri, pencerahan, telepati, empati, arogan, intuisi, kepercayaan yang dalam, ambisi, magic atau keajaiban, harga diri.
9. Orange
Menunjukkan kehangatan, antusiasme, persahabatan, pencapaian bisnis, karier, kesuksesan, kesehatan pikiran, keadilan, daya tahan, kegembiraan, gerak cepat, sesuatu yang tumbuh, ketertarikan, independensi. Pada Blog dapat meningkatkan aktifitas mental. Disamping itu warna Orange memberi kesan yang kuat pada elemen yang dianggap penting.
Menunjukkan kehangatan, antusiasme, persahabatan, pencapaian bisnis, karier, kesuksesan, kesehatan pikiran, keadilan, daya tahan, kegembiraan, gerak cepat, sesuatu yang tumbuh, ketertarikan, independensi. Pada Blog dapat meningkatkan aktifitas mental. Disamping itu warna Orange memberi kesan yang kuat pada elemen yang dianggap penting.
10. Coklat
Menunjukkan Persahabatan, kejadian yang khusus, bumi, pemikiran yang materialis, reliabilitas, kedamaian, produktivitas, praktis, kerja keras. Warna coklat sangat tidak menarik apabila digunakan tanpa tambahan gambar dan ornamen tertentu, coklat harus didukung ornament lain agar menarik.
Menunjukkan Persahabatan, kejadian yang khusus, bumi, pemikiran yang materialis, reliabilitas, kedamaian, produktivitas, praktis, kerja keras. Warna coklat sangat tidak menarik apabila digunakan tanpa tambahan gambar dan ornamen tertentu, coklat harus didukung ornament lain agar menarik.
11. Abu-abu
Mencerminkan keamanan, kepandaian, tenang dan serius, kesederhanaan, kedewasaaan, konservatif, praktis, kesedihan, bosan, profesional, kualitas, diam, tenang.
Mencerminkan keamanan, kepandaian, tenang dan serius, kesederhanaan, kedewasaaan, konservatif, praktis, kesedihan, bosan, profesional, kualitas, diam, tenang.
12. Emas
Mencerminkan prestis (kedudukan), kesehatan, keamanan, kegembiraan, kebijakan, arti, tujuan, pencarian kedalam hati, kekuatan mistis, ilmu pengetahuan, perasaan kagum, konsentrasi.
Mencerminkan prestis (kedudukan), kesehatan, keamanan, kegembiraan, kebijakan, arti, tujuan, pencarian kedalam hati, kekuatan mistis, ilmu pengetahuan, perasaan kagum, konsentrasi.
E. KRITERIA PEMILIHAN WARNA
1.
Tampilkan
warna dengan latar belakang (background) gelap.
2.
Pilih
warna yang cerah untuk latar depan / objek utama (foreground) warna putih, kuning, hijau dll.
3.
Hindari
penggunaan warna coklat dan hijau untuk background.
4.
Kecerahan
dan kombinasi warna pada foreground dan background kontras.
5.
Gunakan
warna sesuai kebutuhan, desain dibuat dalam B / W (Black / Wite) dan ditambahkan
warna lain sesuai kebutuhan.
6.
Gunakan
warna untuk menarik perhatian user, komunikasi terarah, identifikasi status,
menjalin hubungan antar elemen.
7.
Hindari
penggunaan warna pada pekerjaan yang sifatnya non-task, untuk layar yang
kebanyakan terdiri dari teks, warna dapat membantu ketika user harus mencari
/membedakan bagian2 tertentu.
F. HAL-HAL YANG PERLU DIPERTIMBANGKAN DALAM PENGGUNAAN WARNA
1.
Buta
warna (cacat warna).
2.
Monitor
monochrome (hanya mengenal satu warna).
3.
Pengkodean
ekstra meningkatkan tampilan interface / antar muka (bentuk tampilan grafis yang
berhubungan langsung dengan pengguna / user).
4.
Konsisten
dalam penggunaan warna.
5.
Membatasi
pengkodean warna menjadi 8 warna (4 warna lebih baik).
6.
Gunakan
warna b/w atau abu-abu, atau b/w saja untuk tampilan interface.
7.
Untuk
menunjukkan keragaman bagian-bagian pada layar.
8.
Desainer sering
menggunakan layar kerja dengan menggunakan 4-5 warna.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terimakasih atas komentar yang anda berikan