Senin, 31 Oktober 2016

KEGIATAN GURU TAMU PAKET KEAHLIAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SMKN 9 BANDUNG SMT. GANJIL TH. 2016/2017


Kegiatan Guru Tamu adalah program rutin yang dilaksanakan setiap tahun yang merupakan salah satu program kerja dari Bidang Kerja Humas dan Bidang Kerja Kurikulum SMK negeri 9 Bandung. Kegiatan Guru Tamu Program Keahlian Seni Rupa, Paket Keahlian Desain Komunikasi Visual untuk semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 17 Oktober, mulai jam 07.00 s.d 17.00 WIB yang bertempat di Aula SMK Negeri 9 Bandung.

Kegiatan program guru tamu diawali dengan pembukaan acara yang dilanjutkan dengan pemaparan susunan acara kegiatan dan profil dari pemateri yang disampaikan oleh Bapak Aep Saepudin, S.Pd. sebagai panitia pelaksana program guru tamu sekaligus ketua program keahlian Seni Rupa Paket Keahlian Desain Komunikasi Visual.
          Berikut ini adalah kegiatan inti dari Program Guru Tamu :

Sesi 1
Waktu : Jam 07.30 – 10.00 WIB
Materi : Menggambar Karakter, “Make Your Own Character”
Pemateri : Try Purnama, S.Pd
Institusi : Faber Castle Bandung


Kegiatan diawali dengan perkenalan pemateri oleh Ketua Paket Keahlian DKV (Aep Saepudin, S.Pd) yang dilanjutkan dengan pembukaan dan sambutan dari pemateri (Try Purnama, S.Pd), kemudian peserta diajak menonton video tutorial penggunaan berbagai alat dan media menggambar dari Faber Castle. Setelah selesai menonton video tutorial bapak Try Purnama, S.Pd menyajikan materi dan mendemontrasikan cara menggambar karakter dengan tema “Make Your Own Character” secara langsung dengan menggunakan pensil warna dan cat air produk Faber Castle, Kemudian peserta diberikan waktu untuk bertanya dan berdiskusi tentang penggunaan media tersebut.



Kegiatan selanjutnya seluruh siswa diajak untuk workshop berkarya membuat gambar karakter dengan tema “Make Your Own Character”, peserta difasilitasi kertas gambar, pensil warna dan cat air dari Faber Castle, waktu yang diberikan untuk menggambar 25 menit. Seluruh peserta mulai berlomba dengan waktu yang telah ditentukan untuk mengekspresikan ide dan memvisualisasikan imajinasi gambar karakter masing-masing. Setelah selesai seluruh karya gambar karakter dikumpulkan kepada panitia dan diberikan evaluasi oleh pemateri serta dipilih 6 karya terbaik.



Siswa yang terpilih sebagai peraih karya terbaik adalah : Mulia X DKV, Cintia XI DKV, Tasya XI DKV, Ridha XI DKV, Nafisah XI DKV dan Fatima XI DKV untuk mendapatkan cindera mata dari Faber Castle dan foto bersama pemateri.
 
Jam 10.00 sd. 10.30 seluruh peserta istirahat, dan persiapan untuk materi 2
 
Sesi 2
Waktu : Jam 01.30 – 12.00 WIB
Materi : Pengetahuan Bahan Pewarna Media Kering dan Basah Produk Sakura dan Reeves
Pemateri : Randiani
Institusi : CV Artemedia Hidayat Indonesia

Kegiatan diawali dengan perkenalan pemateri oleh Ketua Paket Keahlian DKV (Aep Saepudin, S.Pd) yang dilanjutkan dengan pembukaan dan sambutan dari pemateri (Randiani), kemudian peserta diajak menonton video tutorial penggunaan berbagai alat dan media menggambar dari Sakura dan Reeves. Setelah selesai menonton video tutorial Ibu Randiani menyajikan materi dan memperkenalkan produk dari Sakura dan Reeves, Kemudian peserta diberikan waktu untuk bertanya dan berdiskusi tentang penggunaan media tersebut. 


Kegiatan selanjutnya dipilih 4 orang siswa yang berani untuk menggambar dengan media produk dari Sakura dan Reeves, dari 4 siswa tersebut siswa yang berani tampil adalah : Fabela X DKV, Anindya XI DKV, Nafisah XI DKV dan Atika Bella XII DKV.
 

  Peserta  kemudian mulai menggambar dengan waktu 20 menit menggunakan produk Micron dan Sakura Water Color dan akhirnya dari 4 peserta perwakilan siswa dipilih 2 siswa dengan predikat karya terbaik untuk menerima cinderamata dari Artemeida, dan siswa tersebut adalah Fabela X DKV, Atika Bella XII DKV, kegiatan guru tamu sesi 2 selesai dan ditutup dengan foto bersama pemateri dan peserta dengan karya terbaik.


Jam 12.00 sd. 13.00 seluruh peserta istirahat, sholat Dzuhur dan persiapan untuk materi 3

Sesi 3
Waktu : Jam 13.00 - 17.00 WIB
Materi : Dasar-Dasar Fotografi
Pemateri : Adji Lubis (professional photografher & speaker Nikon Indonesia)
Institusi : Nikon Team Indonesia

Kegiatan diawali dengan perkenalan pemateri oleh Ketua Paket Keahlian DKV (Aep Saepudin, S.Pd) yang dilanjutkan dengan pembukaan dan sambutan dari pemateri (Adjie Lubis), kemudian peserta diajak menonton video profil Nikon Team Goes to School dan profil Nikon Team Indonesia. 


 Setelah selesai menonton video profil, Bapak Adjie Lubis memaparkan profil dan visi, misi, dan program Nikon Team Indonesia yang dilanjutkan dengan pemaparan materi dasar-dasar fotografi. Pemaparan materi juga disertai dengan praktek memotret dengan memanfaatkan cahaya dari alam yang ada di ruangan. 


 Selesai memaparkan materinya Bapak Adjie Lubis membuka sesi Tanya jawab dan diskusi, bagi peserta yang aktif bertanya dan diskusi Nikon Team Indonesia memberikan apresiasi yang berupa cinderamata, dan perwakilan siswa atas nama Audrey XI DKV juga memberikan cinderamata untuk bapak Adjie Lubis (Nikon Team Indonesia) berupa karya WPAP (Wedha Pop Art Potrait) Adjie Lubis dan diakhir kegiatan peserta memberikan testimoni untuk Nikon Team Indonesia dan foto bersama peserta, guru dan Team Nikon Indonesia.


Disetiap akhir sesi materi guru tamu, perwakilan siswa paket keahlian Desain komunikasi Visual memberikan testimoni, dan diakhir kegiatan peserta memberikan testimoni untuk Nikon Team Indonesia dan foto bersama peserta, guru dan Pemateri.
Berikut ini beberapa testimoni siswa Desain Komunikasi Visual SMK negeri 9 Bandung untuk kegiatan Guru Tamu tahun 2016

TESTIMONI untuk FABER CASTLE
·        “Pak Try pemateri dari Faber Castle itu sangat baik dan ramah, tutorial yang diajarkan mudah dipahami sehingga kita jadi lebih tau mengenai teknik water color.” (Chintia XI DKV)

·        “Materi yang disampaikan oleh pak Try mudah dimengerti, seru, gak ngebosenin, dan kita jadi tau cara menggambar suatu karakter utama yang baik, pokonya DEBES!” (Tasya XI DKV)

·        “Gak rugi kalau ikut workshop Faber Castle, selain memberikan materi, ada tutorialnya juga untuk menambah pengalaman saat menggambar, Terimakasih Faber Castle” (Ridha XI DKV)

·    Makasih untuk Pak Try dan Faber Castle yang sudah berkenan memberi workshop di jurusan DKV, materi yang disampaikan sangat berguna dan menambah ilmu untuk para pecinta watercolor, Makasih Faber Castle.” (Fatima XI DKV)

TESTIMONI untuk ARTEMEDIA
·        “Micron enak dipakai untuk menggambar dan menulis, ukurannya beragam dan pas, sangat cocok untuk menggambar dan inking komik, menggambar tanpa sketsa pensilpun rasanya nyaman.” (Nafisah H. P XI DKV)
·        “Micron cocok untuk dipakai menulis, apalagi menggambar. Warnanya bagus, ukurannya beragam dan tidak mudah patah, enak untuk dipakai ngedoodle.” (Anindya XI DKV)

TESTIMONI untuk NIKON TEAM INDONESIA
·   “Terima kasih banyak kepada Nikon Team Indonesia yang telah datang ke sekolah kami, banyak sekali ilmu dan pengalaman yang kami dapatkan terutama ilmu fotografi.” (Safira CA XI DKV)

·    “Dengan datangnya Nikon team Goes to School ke SMKN 9 Bandung, kami jadi mendapatkan ilmu yang lebih dari yang sudah kita dapatkan sebelumnya di sekolah. Kami mendapatkan ilmu dan  pengalaman yang keren dari Pak Adjie Lubis, Terima Kasih Nikon team Indonesia..” (Arum Nastiti Karnain XI DKV)

·   “Pada tanggal 17 Oktober 2016 DKV SMKN 9 Bandung mendatangkan guru tamu dari Nikon dalam program Nikon Team Goes to School, acaranya rame banget, banyak ilmu yang kita dapatkan, pematerinya Pak Adji Lubis keren, kita diajarkan pengaturan kamera hingga praktek memotret, kita juga bebas bertanya seputar fotografi dan diberi hadiah bagi yang aktif bertanya. Nikon Team KEREN !” (Ananda XI DKV)

·  “Sangat banyak ilmu yang saya dapatkan dari Nikon Team Indonesia, apalagi saya berkesempatan 2 kali mengikuti acara Nikon, yang pertama pada acara workshop fotografi FIKSI di SMKN 3 Bandung dan yang ke dua pada acara Nikon Team Goes to School pada kegiatan Guru Tamu DKV di SMKN 9 Bandung, ilmu yang saya dapatkan sangat berguna bagi diri saya yang ingin belajar fotografi, saya sudah mulai mencoba menerapkan ilmu dasar fotografi dari Nikon Team dan hasilnya lebih memuaskan. Nikon team MANTAP !!” (M.IKhlas A XI DKV)
·       
   “Banyak hal yang didapat dari Nikon Indonesia, mulai dari wawasan, tool, teknik, untuk membuat foto jadi lebih menarik, kita juga bebas bertanya seputar dunia fotografi, pematerinya Pa Adjie Lubis keren, Hadiahnya mantap, Nikon Team JAYA!” (M. Rzkyana)
·        
   “Sungguh banyak ilmu yang bermanfaat dari Nikon Team Indonesia, membuat saya jadi mengerti dasar-dasar fotografi. Sungguh berkesan juga saya bisa membuat karya WPAP Pak Adjie Lubis untuk cinderamata. Sebuah Kebanggan tersendiri utuk saya. Terimakasih Nikon.” (Audrey XI DKV)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar yang anda berikan