Rabu, 14 Desember 2016

PERSENTASI PKL DKV SMKN 9 BANDUNG 2016


PERSENTASI 
PKL (Praktek Kerja Lapanga)
Periode Juli – Desember Th 2016/2017
Paket Keahlian 
DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
SMKN 9 BANDUNG

Persentasi PKL paket keahlian DKV dilaksanakan pada :
Hari : Kamis, 10 November 2016
Waktu : pukul 07.00 – 17.00 WIB
Tempat : meeting Room Edotel Metro Bandung SMKN 9 Bandung
Peserta : Kelas XII DKV
Penguji : Tim pendidik paket keahlian DKV




Persentasi PKL adalah kegiatan pemaparan laporan pelaksanaan PKL yang telah dilaksanakan oleh peserta didik selama 3 bulan di industri dengan tujuan untuk mengukur ketercapan kompetensi dasar dan evaluasi penyelanggaraan kegiatan PKL di industri tersebut

 

Kegiatan Persentasi diawali dengan pengarahan teknis oleh ketua program Seni Rupa –DKV (Aep Saepudin, S.Pd) dan undian urutan persentasi tiap kelompok berdasarkan industri tempat PKL masing-masing peserta didik. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan foto kelas di depan loby gedung kantor administrasi SMKN 9 Bandung.



Penilaian dalam persentasi PKl meliputi :
1.         Laporan PKl yang berupa karya tulis ilmiah yang terdiri dari 5 BAB yang diawali dengan cover luar dijilid hard cover warna abu-abu, cover dalam, lembar pengesahan, biodata siswa, kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, gambaran umum industri, pelaksanaan PKL, kesimpulan dan saran, lampiran foto kegiatan, daftar hadir dan jurnal harian kegiatan PKL.
2.         Penampilan diri. Peserta didik wajib menggunakan busana kantor untuk persentasi formal, yang terdiri dari pemilihan busana, kekompakan pemilihan busana dalam kelompok, kerapihan, make up dan kesopanan.
3.         Penguasaan materi meliputi kemampuan dalam menyajikan materi secara verbal dan interaktif, dan kemampuan dalan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh penguji.
4.         Media persentasi dapat berupa format Power Point, Flash, PDF, dll. Kemampuan peserta didik dalam merancang media persentasi yang interaktif dan komunikatif untuk menunjang persentasi.
5.         Video Kreatif PKl. Kemampuan peserta didik dalam merancang dan memproduksi video dokumentasi kreatif di industri tempat PKL masing-masing.


Urutan Persentasi PKL

1.        Tim PKL Jonas Photo 2 (Auliya CNS, Aulia NKP, Febianty, Ixlash, Romi, Zukhruful)

 2.        Tim PKL Sinyo Manise Print (Najla, Novi, Gabrilia, Mega)

3.        Tim PKL Ilalang Fotografi (Heikal, Tiandri, Siti, Yusril)


4.        Tim PKL Jonas Photo 1 (Azzahra, Bani, Bilqis, Hafifa, Putri)


  5.        Tim PKL CBM Agency (Andre, Ihsan)

 
6.        Tim PKl Graha Pos Indonesia (Alfi, Andria)

7.        Tim PKL Inner Child Studio (Annisa, Rafi)

8.        Tim PKL Muffin Graphic (Atika, Saffa)

  9.        Tim PKL Isillo (Fikri, Sugih)



Adapun Apresiasi untuk beberapa nominasi pelaksanaan persentasi PKL adalah :
1.         Tim PKL Isillo adalah kelompok PALING SANTUN dalam pelaksanaan persentasi PKL
2.         Tim PKL Innerchild Studio adalah kelompok dengan BUSANA TERBAIK dan SERASI dalam pelaksanaan persentasi PKL
3.         Tim PKL Ilalang Fotografi adalah kelompok dengan media POWER POINT dan karya VIDEO KREATIF TERBAIK
4.         Tim PKL Muffin Graphic dan Jonas Photo 1 adalah kelompok dengan media POWER POINT PALING KREATIF
5.         Tim PKL Jonas Photo 1 adalah kelompok dengan persentasi PALING INTERAKTIF dengan melakukan demontrasi foto editing secara live.
6.         Tim PKL Isillo, Graha Pos Indonesia dan Ilalang Fotografi adalah kelompok PALING PERCAYA DIRI dan PENGUASAAN MATERI TERBAIK
7.         Tim PKL CBM Agency dan Sinyo Manise Print adalah kelompok PALING KOMPAK dalam menyajikan materi.



TESTIMONI PKL
TESTIMONI PKL GRAHA POS INDONESIA : Andria Fitriani, Alfi Mariyam Hakim.


"Pengalaman presentasi PKL di tanggal 10 November 2016 bikin tegang, ditambah dresscode untuk stelan lamaran kerja makin bikin kita grogi. Dimulai dari undian untuk bagian industri yang bakal presentasi, Graha Pos belum keluar-keluar juga. Akhirya aku sama Alfi terus-terusan latihan nyamain materi. Kita latihan dimana-mana, di ruangan, di depan Edotel, di toilet, di depan cermin. Tapi sampai siang Graha Pos belum kebagian undian presentasi. Mulai agak siangan kita mulai nyantai, foto-foto, jajan dll. Sampai akhirnya industri lain keluar dari ruangan sidang, akhirnya Pos dipanggil. Tiba-tiba tegang lagi karena Alfi lagi gak di ruangan. Aku nyari-nyari Alfi akhirnya ketemu lalu masuk ruang sidang. Ternyata di ruangan ga seserem yang diduga. Suasananya nyantai, asik. Aku sama Alfi nyampein materi kecepetan karena grogi. Tapi semuanya sukses Alhamdulillah.
Terimakasih."


TESTIMONI JONAS PHOTO 2 : Azzahra Felicia, Bani Luthfan, Bilqis Utami, Hafifa Annisa, Putri Apriliani. 

"Sidang tanggal 10 Nov 2016 awal awalnya tengang soalnya Azzahranya belum dateng tapi untungnya tim PKL Jonas Photo 2 bukan jadi yang pertama jadi masih ada waktu buat nunggu Azzahra dan latihan presentasi .. Saat latihan kita udah mempersiapkan dengan matang sampe latihan terus-terusan biar nanti saat sidangnya gak tegang atau lupa materi. Kita nunggu antrian sidangnya cukup lama ,kelompok Jonas dua kebagian antrian dua dari trakhir. Saat masuk keruang sidang kita udah tegang takutnya langsung dimarah marahin tapi taunya engga malah jadi enjoy gitu bisa dibilang sidang kita sukses soalnya apa yang mau kita sampaikan sesuai dengan latihan . Mungkin ada revisi kecil tapi keseluruhan ok, saat keluar ruangan sidang perasaanya lega. Sekian dan Terima Kasih."

TESTIMONI PKL SINYO MANISE PRINT : "Gabrilia, Najla, Mega, Novi. Sidang PKL pada tanggal 10 nov 2016 merupakan suatu hal yang sangat bersejarah  bagi saya dan kelompok saya. Pada presentasi sidang pkl tersebut kami diberi kesempatan untuk berbicara didepan pembimbing PKL dan guru-guru penguji. Merupakan suatu pengalaman yang bersejarah karena ‘’selama 3 bulan gak sekolah tiba-tiba harus presentasi, gimana kerja selama 3 bukan ditempat PKL’’ (Sinyo Manise Print). Banyak pengalaman, kesempatan, kedwasaan yang saya alami selama PKL. Banyak masukan, banyak komentar positif . Cuma gatau pas ditanya ‘’ukuran kertas A3 berapa?’’ HAHA PR. terima kasih."

TESTIMONI PKL INNERCHILD STUDIO :Annisa Siti M. Rafi Fauzan A. 

"Pengalaman saya menjalani presentasi/sidang PKL pada tanggal 10 November 2016, saya merasa sangat antusias karena ini adalah kali pertama saya. Selain itu, saya juga sempat merasa tegang saat hendak mendapat giliran memasuki ruangan. Dari sidang ini, saya mendapat banyak pelajaran seperti melatih kepercayaan diri, kekompakan dengan rekan satu keolompok dengan cara menghafal dan menguasai materi yang ada. Selain itu, saya dan rekan satu kelompok saya juga dilatih untuk berani berbicara di depan umum. Sidang ini juga bisa menjadi sarana latihan wawancara kerja bagi kami saat kelak terjun ke dunia industri. "

TESTIMONI PKL JONAS PHOTO 1 : Aulia NKP, Auliya CNS, Febianty LP, Ixslash Samodra, Romi Maulana, Zukhruful Rizqia. "Sidang yang dilaksanakan pada tanggal 10 November 2016 itu menegangkan soalnya kita dapet undian pertama jadi kita gak tau gambaran kalua sidang PKL itu gimana, setelah kita masuk atau memulai sidang berjalan lancer dan setelah keluar dari ruang sidang rasanya lega dan kita banyak menerima semua saran dan kritikan guru pembimbing dan penguji."


TESTIMONI PKL MUFFIN GRAPHICS : Atika Bella, Saffanah Layalia Alfath. "Pengalaman saya presentasi PKL (10/11/16), tegang banget. Apalagi pas pagi-paginya video PKL ketinggalan datanya di rumah Atika. Untung kakaknya mau nganterin. Tim Muffin Graphics presentasinya siang menjelang sore, urutan 3 terakhir. Tegangnya nggak setegang aebelum mulai, soalnya udah denger cerita anak-anak dari tempat PKL lain. Apalagi perasaan tegangnya juga udah keganti sama perasaan ngantuk sama bosen, hehe. Tapi pas masuk ke ruangan presentasi jadi tegang lahi, sampe ngomongnya salah terus, tanda tangan di absen aja tangan gemeteran, gatau itu tegang atau kedinginan. Selain salah ngomong dan agak grogi itu, semua lancar-lancar aja pas presentasi yang bikin deg-degan lagi itu pas kita dibilang sombong gara-gara ga konsultasi sama sekali. Gitu aja kayaknya, yang jelas, pas presentasi PKL itu seru!"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar yang anda berikan