Minggu, 12 November 2017

KUNJUNGAN INDUSTRI DKV SMKN 9 BANDUNG 2017

KUNJUNGAN INDUSTRI
PROGRAM KEAHLIAN SENI RUPA

KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL 

SMK NEGERI 9 BANDUNG

Tahun Pelajaran 2017/2018
 
Kunjungan Industri adalah suatu kegiatan rutin dan merupakan program tahunan SMK Negeri 9 Bandung yang wajib diikuti oleh peserta didik. Kunjungan Industri ini adalah suatu kegiatan yang diorganisasikan oleh sekolah dan seluruh kompetensi keahlian yang di lakukan untuk mengunjungi dunia usaha/dunia industri yang terkait dengan kompetensi keahlian dan menjadi contoh kegiatan atau gambaran umum dari pekerjaan yang akan dilakoni oleh peserta didik kelak ketika lulus dari SMK.
 Semakin pesatnya perkembangan teknologi saat ini sangat mempengaruhi dunia industri di tanah air, tak terkecuali dunia industri kreatif. Teknologi sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari dunia industri kreatif, bagaimana tidak? Sehebat apapun sebuah desain tidak akan bisa menjadi produk nyata tanpa dukungan teknologi dalam proses desain/perancangannaya atau tanpa dukungan teknologi dalam proses produksi dan promosinya.
Bagi SMK perkembangan teknologi di dunia industri adalah tantangan yang harus di kejar dan di up date,walaupun secara infrastuktur terasa jauh untuk dapat mengimbangi teknologi yang digunakan diindustri paling tidak peserta didik SMK mempunyai pengetahuan yang luas tentang teknologi yang digunakan diindustri untuk setiap kompetensinya. Salah satu cara dan upaya SMK dalam memperoleh informasi secara akurat tentang perkembangan teknologi di dunia industri adalah dengan kunjungan langsung ke industri tersebut.
Dalam program kegiatan kunjungan industri, siswa diajak untuk melihat bagaimana sebuah industri beroperasi dan bekerja. Mereka diberikan sebuah gambaran tentang suatu pekerjaan di bidang keahlian mereka dan mereka juga diberikan gambaran tentang apa yang harus dilakukan dalam dunia kerja.
Melalui kegiatan Kunjungan Industri, kami Program Keahlian Seni Rupa, Kompetensi Keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV) SMK Negeri 9 Bandung ingin memberikan andil serta partisipasi untuk meningkatkan dan memperluas wawasan dan pengetahuan peserta didik dalam bidang teknologi di industri.
Untuk kegiatan Kunjungan Industri Kompetensi Keahlian Desain Komunikasi Visual (DKV) SMK Negeri 9 Bandung tahun pelajaran 2017/2018 kunjungan difokuskan ke Fablab Bandung dan PT. Penerbit Erlangga.



-----------------------------------------------------------------------------------------------------

KUNJUNGAN INDUSTRI FABLAB BANDUNG 






1.     Hari : Selasa
2.     Tanggal : 31 Oktober 2017
3.     Waktu : 13.00 s.d 16.00 WIB
4.     Tempat : Fablab Bandung
5.     Alamat :
Gusto Sign, (Kyai Wahid Hasyim) No.78, Jl. Raya Kopo, Babakan Asih,
        Bojongloa Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40232
6.     Jumlah Peserta : 40 orang (Guru 5 orang, Siswa 35 orang)




Jam 11.30 : Peserta kunjungan industri kelas XI DKV SMKN 9 Bandung mempersiapkan diri untuk pemberangkatan ke Fablab Bandung, namun sebelum berangkat mereka diwajibkan untuk melaksanakan Sholat Dzuhur berjamaah dulu di Mesjid An-Nisa Usholihat SMKN 9 Bandung. Jam 12.15 : selepas Sholat Dzuhur kelas XI DKV berangkat ke Fablab Bandung dengan menggunakan kendaraan umum, perjalanan ditempuh kurang lebih 1 jam karena kemacetan di beberpa titik di kota Bandung yang sudah menjadi rutinitas di hari kerja.



Jam 13.00 : peserta tiba di Gd. Gusto lt. 2,  dan langsung disambut oleh tim Fablab Bandung, Peserta kunjungan industri kelas XI DKV SMKN 9 Bandung langsung menempati tempat duduk yang sudah disediakan dan bersiap untuk menerima paparan materi dari tim Fablab Bandung, para pemateri nampak bersemangat untuk berbagi ilmu dan pengetahuannya, begitu pun para peserta menyambut dengan antusias.


 



Kakak-kakak pemateri dari Fablab Bandung mengawali acara dengan perkenalan dan dianjutkan dengan menayangkan video profile dari Fablab Bandung, dan beberapa profil Fablab Internasional, setelah penayangan profil materi berikutnya adalah sosialisasi program dan demo peralatan yang ada di Fablab Bandung seperti mesin printer 3 Dimensi dan mesin laser cutting. Peserta kunjungan industri dapat menyaksikan secara langsung dari dekat proses desain dan produksi merchandise yang diproduksi oleh mesin-mesin yang ada di Fablab, selain itu peserta kunjungan industri juga dapat bertanya kepada kakak-kakak tim Fablab yang ramah-ramah yang sedang mengoperasikan mesin-mesin tersebut, sehingga peserta kunjungan industri mendapatkan informasi yang mendalam langsung dari nara sumber di lapangan.

 
 
 



Adapun desain yang akan diproduksi adalah desain hasil karya peserta kunjungan industri kelas XI DKV SMKN 9 Bandung yang dilombakan dan dipilih oleh tim Fablab sebagai tiga karya terbaik untuk langsung diproduksi, sebuah kbanggaan dan pengalaman yang tak terlupakan bagi kelas XI DKV SMKN 9 Bandung.





-----------------------------------------------------------------------------------------------------


KUNJUNGAN INDUSTRI PT. PENERBIT ERLANGGA



1.     Hari : Kamis
2.     Tanggal : 09 November 2017
3.     Waktu : 08.30 s.d 12.00 WIB
4.     Tempat : PT. Penerbit Erlangga
5.     Alamat :
Jl. H. Baping No.100, RT.7/RW.9, Ciracas, Kota Jakarta Timur,
        Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13740
6.     Jumlah Peserta : 40 orang (Guru 5 orang, Siswa 35 orang)

Jam 03.30 – 04.00 : Peserta kunjungan industri kelas XI DKV berkumpul di SMKN 9 Bandung untuk mempersiapkan keberangkatan, panitia memeriksa kesiapan kendaraan dan berkoordinasi dengan driver, guru pembimbing memeriksa kehadiran dan kelengkapan jumlah peserta rombongan, laboran memastikan kesiapan logistik dan administrasi kunjungan. Jam 04.00 : Setelah peserta dipastikan lengkap, dan rombongan siap, Bus berangkat menuju Jakarta, pimpinan rombongan memberikan pengarahan teknis kegiatan kunjungan industri dan memimpin doa di dalam bus. Rombongan berangkat dari Bandung menuju Ciracas, Kota Jakarta Timur melalui jalur tol Purbaleunyi dengan terlebih dahulu memasuki gerbang Tol Buah Batu, Cipularang, Cikampek Jakarta, dan lingkar timur Jakarta keluar dari exit tol Kp. Rambutan Masuk ke Jl. Suci, Jl. Poncol dan Jl. H. Baping Raya.
Jam 05.00 – 05.30 : Rombongan transit untuk Sholat Subuh berjamaah di KM 88 rest area Tol Cipularang dipimpin oleh ketua rombongan, sebagian peserta memanfaatkan waktu tersebut untuk rehat, menghirup udara pagi yang segar dan mengambil foto selfie. Setelah dirasa cukup, rombongan kembali melanjutkan perjalanan menuju Jakarta Timur.
Perjalanan Bandung – Jakarta via tol Cipularang,ramai lancar, hampir tidak ada kendala yang berarti diperjalanan, adapun beberapa kepadatan kendaraan di ruas tol Jakarta – Cikampek sebagai efek dari pembangunan LRT dan tol susun masih dalam batas normal dan lancar, seluruh peserta nampak menikmati perjalanan dengan bahagia.




 

 Jam 08.30 : Rombongan tiba di Jl H. Baping Raya No. 100, dan diterima di Aula kantor PT. Penerbit Erlangga dengan sambutan yang sangat baik dan ramah dari tim markom nasional Erlangga. Jam 08.30 – 09.00 : Peserta kunjungan industri istirahat sejenak, sementara tim Markomnas Erlangga melakukan persiapan acara, beberapa peserta memanfaatkan waktu tersebut untuk ke toilet dan menyantap perbekalan makanan ringan mereka.


 Jam 09.00 – 09.15 : Acara Pembukaan dan perkenalantim Markom Nasional Erlangga (Eko), Jam 09.15 – 09.30 : Sambutan dari Ketua Program Keahlian Seni Rupa, Kompetensi Keahlian DKV (Aep Saepudin, S.Pd) materi sambutan difokuskan pada penyampaian maksud dan tujuan serta manfaat kun jungan industri. Jam 09.30 – 09.45 : Sambutan dari perwakilan, Markom Nasional Erlangga (David), disambung Jam 09.45 – 10.15 : Presentasi profil PT. Penerbit Erlangga oleh markom nasional. 


 
 
 
  
Jam 09.15 – 09.45 waktunya tanya jawab dan diskusi kecil, seluruh peserta yang mengajukan pertanyaan diberikan apresiasi berupa merchandise dari Erlangga, Jam 09.45 – 10.00 : dilaksanakan acara serah terima cinderaamata dari DKV SMKN 9 Bandung untuk Erlangga, dan dari Erlangga untuk DKV SMKN 9 Bandung. Dari SMKN 9 Bandung cinderamata diserahkan oleh Aep Saepudin, S.Pd (Ka. Prog Seni Rupa –DKV) dan oleh Faisal (KM kls XI DKV) serta Desy sebagai perwakilan peserta didik DKV, dan dari erlangga diterima dan diserahkan oleh bapak Eko (Markomnas).



 Jam 10.00 – 11.30 : Tour industri, kunjungan langsung ke kantor erlangga dimulai dengan kunjungan ke kantor editorial, ruang kreatif dan desain, ruang produksi (pabrik) percetakan, ruang ffinishing, quality control, dan packing. Peserta kunjungan industri dapat menyaksikan secara langsung proses editing, desain dan produksi buku-buku Erlangga dengan menggunakan teknologi mesin yang canggih. Selama kegiatan kunjungan peserta dapat bertanya/berkomunikasi langsung dengan karyawan/staf setiap bagian yangdikunjungi, sehingga peserta kunjungan mendapatkan informasi yang lebih akurat dan mendalam tentang informasi yang di perlukan





Jam 11.30 - 11.45 : Rombongan selesai melaksanakan tour industri dan ber istirahat di ruangan display produk buku-buku erlangga sambil menikmati snack box yang sudah di sajikan oleh panitia dari Erlangga. Dan Jam 11.45 : Rombongan peserta kunjungan industri beserta guru pembimbing dan tim markom nasional Erlangga melaksanakan foto bersama.


 



Jam 12.00 : Rombongan mengakhiri kunjungan dan pamit kepada Markomnas Erlangga yang sudah menerima dan mendamping kunjungan dengan sangat baik,rombongan melanjutkan perjalanan ke Jungleland di Sentul Bogor.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas komentar yang anda berikan